Selamat membaca
Review Jurusan Teknik Metalurgi dan Material
semoga bermanfaat

Review Jurusan Teknik Metalurgi dan Material

Review Jurusan Teknik Metalurgi dan Material

Apa sih Teknik Metalurgi dan Material?

Teman-teman ada yang tahu tentang jurusan kuliah Teknik Metalurgi dan Material? Kebanyakan orang masih asing dengan jurusan ini dan pernah suatu ketika saya ditanya, “Kuliah di mana Mas? Teknik Metalurgi Bu. Oooooo…. Metalogi yang ngurusin ujan itu ya mas. Arghhhh… -__-" (hanya bisa menangis di dalam hati). Oke saya akan menjelaskan kepada teman-teman sebenarnya apa sih Teknik Metalurgi dan Material itu?
Secara etimologi metalurgi adalah ilmu, seni, dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Sedangkan material sendiri merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari dua hal yang memiliki keterkaitan, yaitu ilmu material dan teknik material. Di mana dapat dikerucutkan menjadi ilmu yang mempelajari keterkaitan antara struktur dan sifat material, lalu melakukan proses desain untuk mendapatkan benda yang diinginkan.
Secara umum ilmu yang dipelajari dapat dibagi menjadi empat, yaitu logam, keramik, polimer dan komposit yang merupakan campuran/gabungan antara logam, keramik, atau polimer. Secara lebih rinci, ilmu ini mempelajari keterkaitan antara proses, struktur, sifat, dan performa dari material tersebut.
Scope Ilmu Metalurgi dan Material
Scope Ilmu Metalurgi dan Material

Apa yang dipelajari di Teknik Metalurgi dan Material?

Materi Kuliah yang dipelajari di Teknik Metalurgi dan Material

Setelah lulus sebagai sarjana teknik metalurgi/material akan mendapatkan gelar S.T. Selain bekerja, alumni sarjana Teknik Metalurgi dan Material dapat mengikuti sertifikasi profesi, seperti Welding Inspector (WI), Welding Engineer (WE), Coating InspectorCorrosion Inspector, Non-Destructive Test (NDT). Tujuan sertifikasi tersebut adalah untuk mendapatkan keahlian khusus pada satu bidang tertentu saja.

Prospek Kerja Teknik Metalurgi dan Material?

Lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat bekerja pada berbagai bidang diantaranya adalah:
1. Bidang Industri Pertambangan (PT Freeport Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Timah, PT Newmont Nusa Tenggara, industri semen, pengolahan mineral bahan keramik dan bahan refraktori)
2. Bidang Industri Ekstraksi Dan Peleburan Logam (PT INCO, PT Smelting Gresik,  PT Aneka Tambang, PT Timah, PT Inalum, PT Krakatau Steel, industri pengolahan emas-perak, dll)
3. Bidang Industri Manufaktur (industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen serta produk-produk polimer)
4. Bidang Industri Perminyakan Dan Gas (pada bidang ini, lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat menduduki posisi sebagai corrosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst)
5.  Bidang Lembaga Penelitian, Akademisi, dan Pemerintahan
6.  Dan Bidang Lain (Mikroelektronik, konsultan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Pembangkit Energi  Listrik)
7. Enterpreneurship/wirausaha (pengolahan limbah logam/scrap, pengolahan limbah plastik, pengecoran logam dll)   

Untuk saat ini hanya ada 6 Universitas/Institut yg terdapat jurusan teknik metalurgi dan teknik material yaitu:
1. ITS Surabaya: Teknik Material dan Metalurgi (menjadi satu jurusan)
2. UNJANI Bandung: Teknik Metalurgi
3. ITB: Teknik Material, Teknik Metalurgi (dipecah menjadi 2 jurusan)
4. UI: Teknik Metalurgi dan Material (menjadi satu jurusan)
5. UNTIRTA Banten: Teknik Metalurgi
6. ITSB Bekasi: Teknik Material

Selain itu mahasiswa jurusan Teknik Metalurgi dan Material membentuk suatu perhimpunan yang bernama PM3I (Perhimpunan Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material se-Indonesia)

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Popular Posts