Selamat membaca
10 Penemuan Menakjubkan di Tahun 2013
semoga bermanfaat

10 Penemuan Menakjubkan di Tahun 2013

10 Penemuan Menakjubkan di Tahun 2013

10 penemuan menakjubkan tahun 2013

Tahun 2014 baru saja datang, semua orang memiliki harapan tersendiri agar tahun 2014 ini menjadi tahun yang lebih baik. Salah satu dampak yang terjadi seiring bergantinya tahun, teknologi di dunia akan semakin maju. Setiap harinya atau mungkin setiap detik penemuan terbaru telah di patenkan, dan kali ini akan diberikan sepuluh penemuan yang menakjubkan pada tahun 2013 sebagai sebuah kaleidoskop versi wonderfulengineering.com.

1.    3Doodler

3doodler

Mungkin telah banyak yang mengetahui tentang printer 3-D, namun 3Doodler merupakan pulpen dengan output 3-D pertama di dunia. Benda unik ini bisa disebut dengan alat percetakan 3-D portable. Benda ini dibuat oleh Peter Dilworth dan Maxwell Bogue dari perusahaan WobbleWorks LLC, 3Doodler menggunakan Poly-Lactic Acid atau nama dagangnya adalah ABS (Acrynonitrile Butadiene Styrene) salah satu jenis polimer termoplastik dan digunakan untuk menciptakan gambar tiga dimensi. Pulpen tersebut akan melelehkasn plastik tersebut (ada berbagai macam warna) dan plastik tersebut saat membeku akan membentuk struktur solid 3-D.

2.    Mission R

mission r

Mobil listrik kini telah banyak diketahui oleh orang khususnya di Indonesia setelah mobil listrik Tuxuci yang dikendarai oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan beberapa waktu lalu. Mission R merupakan sepeda motor dengan perspektif/konsep mobil listrik. Motor ini dapat dipacu dengan kecepatan 0-60 mph dalam tiga detik dan kecepatan maksimumnya sebesar 150 mph, dan dapat disandingkan degnan motor sport dengan bahan bakar fosil. Konsumen dapat memilih jenis kemasan baterai yang ingin digunakan tergantung dari penggunaannya. Kemasan baterai yang ditawarkan memiliki range dari 12 kWh (hingga 105 mil) sampai 17 kWh (140 mil).

3.    Volvo Solar Pavilion

volvo solar pavillion

Mobil listrik merupakan kendaraan yang ramah lingkungan namun memiliki kekurangan yang bisa dibilang fundamental yaitu memiliki rentang yang terbatas dan sulitnya mencari tempat untuk mencari tempat pengisian di tengah-tengah perjalanan. Volvo Solar Pavilion merupakan pavilion yang fleksibel dengan beberapa panel surya pada mobil tersebut. Pavilion tersebut terhubung dengan mobil dan baterai akan tersisi dengan bantuan energi sinar matahari. Setelah baterai tersis penuh maka pavilion akan terlipat dan tersimpan di dalam bagasi mobil. Sehingga cara ini dapat mengatasi masalah pada mobil listri yang fundamental.

4.    Sony Smart Lens

volvo solar pavillion

Untuk seseprang yang ingin mendapatkan hal yang lebih dari kamera pada smartphone-nya atau seseorang fotografer professional yang ingin mencari solusi dalam mendapatkan kualitas terbaik pada hasil jepretannya, Sony Smart Lens merupakan gadget yang diperlukan. Lensa tersebut akan terkoneksi dengan ponsel pintar melalui NFC atau Wi-Fi dan dikontrol menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di appstore masing-masing produsen ponsel pintar. Aplikasi ini memungkinkan ponsel tersebut sebagai jendela bidik untuk lensa dan dapat diatur melalui pengaturan yang ada. Lensa dan ponsel tersebut dapat bekerja walaupun tidak terpasang satu sama lain.

5.    Oculus Rift

oculus rift

Dengan banyak sistem permainan baru yang diresmikan dan telah diluncurkan pada tahun 2013, Oculus Rift datang pada waktu yang kurang tepat. Dikembangkan oleh Oculus VR, Rift ini merupakan alat yang dipasangkan di kepala dan akan menghasilkan penglihatan yang nyata pada saat memainkan suatu permainan namun alat ini masih dalam tahap pengembangan. Alat ini hanya seberat 379 gram dan dapat dikoneksikan melalui HDMI, DVI, dan USB port. Dan alat ini berdimensi 1920 X 1080 7 inchi dengan display 3-D dan banyak pengembang game memberikan dukungan pada alat ini.

6.    GravityLight

gravity light

Dibuat oleh Deciwatt, GravityLight merupakan perangkat yang menggunakan gaya gravitasi untuk menciptakan cahaya. Alat ini diciptakan untuk negara-negara dunia ketiga di mana tidak ada akses listrik di sana. Suatu pemberat dipasang pada perangkat tersebut dan ditarik sampai ketinggian tertentu, yang merupakan tenaga dan generator dari perangkat tersebut dan secara perlahan dijatuhkan dan akan menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan LED pada perangkat tersebut. Cahaya akan menerangi sekitar 25 menit dan hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk set-up pemberat.

7.    Atlas Robot

atlas robot

Robot ini digunakan untuk membantu manusia dan dibuat oleh Boston Dynamics, terdiri dari empat anggota badan dan dua sistem penglihatan (salah satunya menggunakan kamera stereo dan yang lain berupa laser range finder). Atlas terbuat dari aluminium dan titanium dan kualitasnya sama dengan pada pembuatan pesawat. Robot ini setinggi enam meter dan berat 150 Kg. Robot ini dibuat untuk misi pencarian dan penyelamatan dalam situasi yang terlalu berbahaya bagi manusia.

8.    Invisible Skyscraper

invicible skyscraper

Direncanakan akan dibangun di Korea Selatan. Gedung yang bernama Tower Infinity akan menjadi gedung pencakar langit pertama yang tidak terlihat di dunia. Pencakar langit ini menggunakan kamera untuk mengambil gambar dari pemandangan sekitarnya dan memproyeksikannya dengan memakai proyektor LED sehingga dapat terlihat oleh orang banyak. Gedung dengan tinggi 450 meter ini didesain oleh GDS Architects. Walaupun tidak akan terlihat oleh pejalan kaki, gedung ini dapat terlihat oleh pesawat ataupun burung-burung yang berterbangan.

9.    Makerbot Digitizer

makerbot digitizer

Alat ini merupakan scanner tiga dimensi yang memungkinkan untuk memindai suatu benda yang dapat ditampung di dalam alat ini, mengedit gambarnya dan bahkan dapat dicetak dalam versi 3-D dari objek yang dipindai. Perangkat ini memiliki meja putar yang digunakan untuk menaruh objek, beberapa laser dan sensor CMOS dengan resolusi 1,3 megapixel sebagai alat pemindai. Perangkat lunak yang disertakan oleh alat ini dapat digunakan untuk mengatur obje yang dipindai dan mencetaknya memakai printer 3-D.

10.   Google Glass

google glass

Google Glass merupakan penemuan teknologi yang paling menonjol pada tahun 2013. Dengan perangkat ini, seperti film sci-fi yang menjadi kenyataan dan penggunanya dapat mengambil gambar, membuat video dan mengakses internet tanpa harus merogoh kantung mereka. Perangkat ini memiliki kamera 5 megapixel dan dapat merekan video dengan resolusi 720p. Dan perangkat ini dioperasikan dengan perintah suara. (mhm) 


Referensi


0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Popular Posts