Selamat membaca
Pembentukan Logam - Thermo-mechanical Control Process (TMCP)
semoga bermanfaat

Pembentukan Logam - Thermo-mechanical Control Process (TMCP)

Pembentukan Logam - Thermo-mechanical Control Process (TMCP)

TMCP atau Thermo-Mechanical Control Process  merupakan sebuah teknologi yang ditemukan oleh “Japanese Plate Mills” yang memproduksi baja TMCP pada pertengahan tahun 1980an. TMCP merupakan proses advance dari rolling dimana selama pemrosesannya, proses rolling ulang dan pendinginan setelah proses roll awal merupakan hal yang penting demi terciptanya sifat yang diinginkan. TMCP meliputi Thermo-Mechanical Rolling (TMR) dan Accelerated Cooling (AcC).

definisi dari TMCP
Gambar 1 Definisi TMCP (IACS)
TMCP pada baja bertujuan untuk mendapatkan mikrostruktur Acicular Ferrite yang baik dan seragam , daripada mendapatkan struktur Ferrite/Pearlite pada baja konvensional. Jika mendapatkan fasa Accicular Ferrite, baja akan memiliki kekuatan yang lebih tinggi serta ketangguhan yang lebih baik.

hubungan antara tegangan tarik terhadap karbon ekivalen
Gambar 2 Hubungan antara tensile strength dengan karbon ekivalen
Gambar diatas menunjukan perbandingan tensile stress baja TMCP dengan baja konvensional. Baja TMCP memiliki tensile strength yang lebih baik dibandingkan baja konvensional karena memiliki ukuran butir yang lebih kecil. Berikut merupakan contoh mikrostruktur beberapa perlakuan TMCP dengan siklus pendinginan dan temperatur perlakuan yang berbeda:

konsep perubahan mikrostruktur saat TMCP
Gambar 3 Konsep perubahan mikrostruktur saat TMCP
Terlihat bahwa baja TMCP memiliki struktur yang lebih pipih dan lebih kecil dari batas butirnya sehingga memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan tidak dilakukan TMCP.
layout dari peraltan TMCP


Gambar 4 Layout dari proses TMCP

Silahkan Download Artikel di atas Dalam Bentuk:

DOC | PDF

Daftar Pustaka

Proceedings of The Twelfth International Offshore and Polar Engineering Conference, Jepang, May 26-31, 2002

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Popular Posts